Sabtu, 12 Juni 2010

the dead

barusan gue baca postingan nya raditya dika yang 'After The Funeral', gue kembali teringat sesuatu. apa itu? sesuatu itu adalah kematian. the dead.
apa pernah kalian berpikir tentang kematian kalian? kapan kematian itu datang? atau apa yg bakal kalian lakukan saat kematian itu datang pada orang yg kalian sayang?
jujur aja, gue sendiri ga pernah terlalu ambil pusing sama hal2 yg menyangkut dg kematian. dulu gue slalu mikir, kematian itu suatu hal yg ga perlu d pikirkan karna kematian itu ga akan secepat itu menghampiri gue. but, who says? kematian itu ga kenal umur dan umur ga ada yg tau.

spt yang raditya dika bilang.
" kematian adalah sesuatu yang “ada” tapi selalu kita deny keberadaannya. living is constant denying for death. kita hidup di dunia ini seolah-olah kematian tidak exist. kita makan, kita bercanda, kita karaoke, kita jatuh cinta. we forget about death. we are too busy with our distraction. "

mungkin kalian yg baca ini ada yang tau, gue baru aja kehilangan seseorang yg sangat berarti dalam hidup gue. kehilangan yg menimbulkan kesedihan yg mendalam, bukan cuma bagi gue tapi juga bagi keluarga gue. suatu guncangan yg begitu hebat.
gue gatau knapa dia lebih memilih utk di kremasi sewaktu dia meninggal. mungkin dia uda mikir jauh2 hari kalo dia gamau jadi "semacam nama yang dipajang di atas nisan, yang mungkin pertama-tama sering dikunjungi, namun lama-lama semakin jarang. nama di sebuah nisan yang berlumut. usang. bau. ditakuti orang lewat.' spt kata raditya dika.

gue pun gamau kaya gitu. gue mau jadi 'orang' sebelum kematian itu menjemput. bukan cuma jadi suatu nama yg hilang gitu aja sewaktu gue meninggal.

gue juga mau seperti apa yg raditya pikirkan.
" gue ngerasa gue harus make something out of life. badan ini dipinjamkan. setiap tarikan napas, adalah satu tarikan napas lagi mendekati kematian. kita harus ngebuat lebih banyak karya, lebih banyak menikmati hidup, lebih banyak mengambil kesempatan. hidup ini cuman sekali. akan sangat sayang untuk kita buang begitu aja. i have to enjoy life. "

Tidak ada komentar:

Posting Komentar